- postcard from heaven -
cuman sekelebat tulisan,.. yang mungkin tidak berarti apa-apa untukmu,.. tapi sangat berarti buatku,..
Saturday, June 17, 2006
EROTOMANIA
Erotomania: The Deal
Erotomania berasal dari bahasa Yunani, eros, yang artinya cinta, serta manic yang artinya berlebihan. Jadi arti harafiahnya adalah cinta yang berlebihan. “Erotomania memang sebuah penyakit kejiwaan yang membuat seseorang merasa bahwa orang lain jatuh cinta kepadanya”, ujar Muhammad Faizal, Psi. “Ia sangat yakin bahwa dirinya begitu dicintai, walaupun kenyataannya tidak seperti itu.” Seorang erotomaniak memiliki pemikiran bahwa ia bisa memiliki kontak batin dengan seseorang. Dalam ilmu kejiwaan, erotomania merupakan gangguan yang dipengaruhi oleh dilusi atau isi pikiran yang tidak sesuai dengan kenyataan. Umumnya, penderita erotomania jatuh cinta dengan orang yang memiliki status sosial lebih tinggi dari dirinya, misalnya selebriti, politikus terkenal atau public figure lain. Namun orang-orang biasa pun bisa menjadi obyek seorang erotomaniak. Obyeknya pun kadang tak cuma satu, tapi banyak dalam waktu yang bersamaan. Dalam tahap yang parah, erotomaniak tak perlu kontak langsung dengan seseorang untuk menyangka orang itu jatuh cinta padanya. Ia bisa saja mengagumi seorang aktris di televisi, dan menganggap semua yang dikatakan sang aktris di televisi ditujukan pada dirinya. Ia pun merasa diperhatikan, dan menganggap sang aktris jatuh cinta padanya.

The Beginning of the Sickness
Tahap awal erotomania agak tumpang tindih dengan sifat Gede Rasa pada umumnya. “Memang bedanya sangat tipis antara seorang erotomanic, narcistic dengan orang yang memiliki kepercayaan diri kelewat tinggi alias GR,” kata Faizal lagi. Anda akan sulit membedakan, mana yang menderita erotomania dan mana yang cuma kegeeran saja. Jika sekadar merasa GR, semua orang juga pernah mengalaminya. Yang membedakan adalah, bila sekedar GR saja, Anda akan cepat melupakannya. Sementara, seorang penderita erotomania akan terus memupuk pikiran dan perasaannya sedalam mungkin. Fantasinya berkembang terus, sampai ia yakin bahwa orang itu adalah pasangan hidupnya dan mereka seharusnya hidup bersama sehidup semati. Ngeri, ya?

Kenapa seseorang bisa menderita penyakit ini? “Kurangnya perhatian yang diterima semasa kecil bisa jadi penyebab utama,” ucap psikolog yang berpraktek di LPT UI, Salemba ini. “Namun sering gagalnya seseorang dalam membina hubungan bisa jadi memperkuat timbulnya penyakit ini. Selain itu, bila ketika masa kecil seseorang merasa dirinya adalah seorang loser, hal itu juga bisa pemicu penyakit jiwa ini.”

Bree, seorang wanita yang pernah mengidap erotomania tingkat rendah, mengatakan, waktu remaja hubungan cinta yang dijalinnya kerap gagal. “Rasanya tak ada seorang pun yang memahami saya. Tapi saya tak kapok merasa jatuh cinta. Saya masih yakin pria disekeliling saya masih mencintai diri saya walau mereka tak mengucapkannya secara langsung.”

Penderita erotomania, terutama sampai pada tahap gangguan kejiwaan akut, tidak bisa disembuhkan hingga normal sepenuhnya. Namun bila penyakit ini belum sampai pada tahap ekstrem, penderita masih bisa disembuhkan dengan menggunakan behaviour cognitive therapy. Terapi ini dipakai untuk meruntuhkan ide-ide bahwa dia dicintai oleh orang-orang tertentu. Kemudian fantasinya dikembalikan pada realita. Bila terlalu parah, bisa juga dibantu dengan bantuan obat-obatan medis, seperti antidepresan supaya lebih tenang.

The Romantic Syndrom
Bila kita bicara mengenai erotomania, maka kita bicara dalam konteks romantic love atau romantisme, bukannya dalam konteks seksual. Yang perlu Anda ketahui, penderita erotomania tidak pernah berpikir secara seksual terhadap objeknya. Ia percaya bahwa suatu satu saat nanti ia akan memiliki momen-momen romantis bersama obyeknya. “Walau kami tidak pacaran, saya kerap berpikir kalau suatu hari nanti dia akan mengajak saya pergi ke restoran mewah untuk candle light dinner, atau mengirimkan saya karangan bunga setiap hari. Saya bahkan berpikir bahwa kelak dia akan menikahi saya,” ujar Kinan, 25, penderita erotomania yang lain .

Penderita erotomania berpikir bahwa objeknya punya pikiran yang sama dengan dirinya. Jadi dalam benak si erotomaniak, mereka telah melakukan komunikasi walaupun dengan cara yang tidak langsung. Tapi untungnya, pengidap erotomania tidak mengarah pada hal yang bersifat seksual. Buat seorang erotomaniak, semua orang yang bersikap baik pada dirinya berarti jatuh cinta dengan dia.

Mengapa kaum wanita bisa terjebak ke dalam penyakit ini? “Karena wanita secara naluriah senang merasa dibantu,” sahut Faizal. “Sifat alami wanita yang lebih peka dan sensitif membuat mereka merasa membutuhkan bantuan, walau tak mengungkapkannya secara eksplisit.”

Penyakit ini sesungguhnya tidak bisa kita hindari, karena jatuh cinta adalah hal yang manusiawi. Namun, orang yang normal bisa mengendalikannya. Sedangkan untuk orang yang rentan kondisi kejiwaannya akibat masa kecil yang tidak menyenangkan, misalnya, perasaan ini terus berkembang dan jadi membabi buta bila tak segera ditangani dengan benar.

Para erotomaniak akan berusaha melakukan komunikasi dengan obyeknya. Bisa dengan cara mengirim surat atau e-mail, menelepon, atau bahkan mengirim berbagai macam hadiah. Erotomaniak berada pada tahap akut bila ia sudah tidak bisa membedakan antara khayalan dan kenyataan. Satu kasus yang parah, ada penderita erotomania yang tak bisa menerima bahwa objeknya itu mencintai dan menikah dengan orang lain. Ia pun lalu melakukan tindakan-tindakan kriminal, seperti menguntit, meneror, dan yang paling ekstrem adalah membunuh.

^_^
copy paste langsung dari COSMOPOLITAN INDONESIA
posted by ... nat! @ 6/17/2006 08:04:00 PM  
2 Comments:
  • At 11:18 PM, Anonymous Anonymous said…

    broo..thx atas blognya...
    benar2 membantu...hehehe
    gw juga bingung apakah gw erotomania atau engga...tpi dalam postingan lu ada suatu perasaan seperti itu yang pernah gw alamin...hahaha

    jadi ngeri niihhh...

    thx ya broo...

     
  • At 8:54 AM, Blogger ... nat! said…

    sama2.. bro...
    huahahaha.. pengalaman pribadi nih ceritanya..

    :D
    thx dah mampir bro!

     
Post a Comment
<< Home
 

i c h b i n

p a n g g i l a k u ... nat!
a d a d i Bogor, Indonesia
t e n t a n g k u emak-emak 31 tahun | kerja karena hobi | hujan mania | pecinta senja | coffee lover | yogurt seeker | mie ayam addict | es teh tarik oenpao numero uno!
monggo dilanjut...
y a n g l a l u
p e r b u l a n
l i n k 's
m e i n e F r e u n d e
c e l o t e h a n
P o w e r e d b y

Free Blogger Templates

BLOGGER